Jumat, 19 September 2014

Diet Plastik

Produksi sampah plastik di Indonesia menduduki peringkat kedua dunia penghasil sampah domestik yaitu sebesar 5,4 juta ton per tahun, dan jumlah tersebut akan terus bertambah. Lalu dikemanakan sampah-sampah itu? Pada dasarnya butuh berjuta-juta tahun untuk alam mengurai plastik. Dan membakar sampah plastik hanya akan menambah masalah baru. Sampah-sampah hanya akan terus menumpuk dan menumpuk tanpa berkurang sedikit pun dan tempat-tempat penampungan sampah akan meluas ke laut, sudut-sudut kota, sungai-sungai, hingga ke halaman rumah Anda.

Pernahkah Anda membayangkan berapa banyak plastik yang sudah Anda gunakan selama hidup Anda? Pernahkah Anda mengira bahwa ternyata butuh jutaan kali lipat usia Anda agar sampah plastik Anda dapat terurai kembali?

Jadi, mari kita mulai mengurangi jumlah sampah plastik yang kita gunakan sendiri untuk menebus kesalahan-kesalahan kecil kita pada bumi.

Plastik yang Anda gunakan tidak boleh langsung di buang, simpan saja dan gunakan lagi lain waktu. Jangan dibakar karena plastik tidak dapat "hilang" semudah itu, dia hanya berubah menjadi gas yang makin berbahaya untuk lingkungan bahkan untuk kesehatan kita sendiri.

Coba diet gampang satu ini. Caranya hanya dengan mengurangi pemakaian plastik dalam bentuk apapun. Plastik yang biasa kita gunakan dapat diganti dengan wadah yang dapat dicuci dan digunakan berkali-kali. Mudah kan? Satu langkah sederhana untuk manfaat yang luar biasa besar :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar